3 Cara Meyakinkan Orangtua Yang Efektif Mengenai Vaksin HPV

Photo Credit: https://www.cdc.gov/hpv/infographics/3-things-parents.html

3 Cara Meyakinkan Orangtua Yang Efektif Mengenai Vaksin HPV

 

80% orang akan terinfeksi HPV semasa hidupnya yang bisa menyebabkan kanker dan sebanyak 29.000 kasus kanker HPV dapat dicegah melalui pemberian vaksin HPV. Dapatkah anda sebagai dokter untuk meyakinkan orangtua dalam hal pemberian vaksinasi HPV sedini mungkin bagi anaknya?

 

Seseorang dapat memiliki infeksi HPV meskipun mereka tidak memiliki gejala dan siapa pun yang aktif secara seksual berisiko tinggi mendapatkan infeksi HPV.

Infeksi HPV sendiri telah diteliti menjadi penyebab tersering dari kasus kanker dan genital warts.

 

Vaksinasi Untuk Mencegah HPV

Saat ini sudah tersedia vaksinasi yang dapat mencegah infeksi HPV dan tiga vaksin yang telah disetujui oleh FDA adalah Gardasil, Gardasil 9, dan Cervarix. Ketiga vaksin tersebut dapat mencegah infeksi dengan tipe HPV 16 dan 18, dua HPV penyebab 70% kanker serviks.

Gardasil juga mencegah infeksi HPV tipe 6 dan 11, yang menyebabkan 90% genital warts. Gardasil 9 mencegah infeksi dari empat tipe HPV yang sama ditambah lima tipe HPV 31, 33, 45, 52, dan 58 yang juga berisiko tinggi penyebab kanker dan genital warts.

 

Seberapa Penting Vaksinasi HPV?

Pada analisis kuantitatif dan kualitatif oleh tim Dr. Sturm di New York, AS, dengan mengevaluasi hubungan antara pendekatan komunikasi dokter anak dan persetujuan orangtua terhadap vaksinasi HPV, hanya 29% dari total kunjungan pasien yang akhirnya setuju untuk menerima vaksinasi HPV pada hari tersebut. Angka presentase ini menunjukkan bahwa betapa penting dan berdampaknya cara kita berkomunikasi sebagai seorang dokter, terhadap keputusan akhir yang diambil oleh orangtua pasien.

 

Cara Persuasi Orang Tua Dalam Pemberian Vaksin HPV Sedini Mungkin

3 hal berikut ini yang harus diberitahu seorang dokter kepada orangtua terkait tentang pentingnya pemberian vaksin HPV sedini mungkin bagi anak mereka, yaitu:

 

  • Mencegah kanker HPV lebih baik daripada mengobati kanker HPV

Vaksin tidak dapat mencegah penyakit menular seksual lainnya, juga tidak mengobati infeksi HPV yang ada atau penyakit akibat HPV.

Selain itu, HPV berisiko tinggi menyebabkan hampir semua kasus kanker serviks, 95% kanker dubur, 70% kanker orofaring, 65% kanker vagina, 50% kanker vulva dan 35% kanker penis. Dengan risiko seperti ini, pencegahaan dini dengan vaksinasi sangat diperlukan untuk melindungi anak kita dari resiko kanker HPV ke depannya.

Vaksinasi HPV adalah pencegahan untuk jenis kanker lain yang disebabkan oleh infeksi HPV.

 

  • Jelaskan mengenai keamanan, keberhasilan dan efektivitas vaksinasi HPV

Penelitian ilmiah dan pengujian keamaan secara ekstensif selama bertahun-tahun telah dilakukan pada semua jenis vaksin HPV yang tersedia. Vaksin HPV 9-valent dipelajari pada lebih dari sampel 15.000 pria dan wanita, Vaksin HPV quadrivalent dipelajari di lebih dari 29.000 pria dan wanita, dan Vaksin HPV bivalen dipelajari di lebih dari 30.000 wanita dan setiap vaksin HPV terbukti sangat aman dan efektif.

Vaksin HPV bekerja dengan sangat baik. Vaksin HPV pertama kali direkomendasikan pada tahun 2006 di Amerika Serikat, dan pada tahun 2010 vaksinasi HPV telah berhasil menurunkan 71% kasus kanker HPV dan genital warts di antara gadis remaja dan telah lebih dari 29.000 kasus kanker setiap tahun dapat dicegah dengan vaksinasi HPV.

 

  • Cara vaksinasi yang benar dan waktu yang tepat

Vaksin HPV direkomendasikan untuk anak laki-laki dan perempuan pada usia 11 atau 12 tahun sehingga mereka terlindungi sebelum terkena virus tersebut.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sekarang secara rutin merekomendasikan dua dosis vaksin HPV untuk anak usia 11 atau 12 tahun untuk mencegah kanker HPV dengan selang waktu 6-12 bulan. Dua dosis vaksin HPV ini akan memberikan perlindungan yang aman, efektif, dan tahan lama. Dosis ketiga vaksin HPV harus diberikan 6 bulan setelah dosis pertama.

Semua interval minimum harus dipenuhi yaitu dosis kedua minimal 4 minggu setelah dosis pertama dan dosis ketiga setidaknya 12 minggu setelah dosis kedua dan setidaknya 5 bulan setelah dosis pertama.

 

Dokter Medi-Call  ke depannya diharapkan dapat memberikan informasi akurat, jawaban konsisten serta rekomendasi yang tepat pada saat berkomunikasi dengan orangtua, sehingga orangtua dapat mengambil keputusan bijak dalam hal pemberian vaksinasi HPV bagi anak mereka.

 

Sumber:

  • http://www.medscape.com/viewarticle/880260
  • https://www.cdc.gov/vaccines/parents/diseases/teen/hpv.html
  • http://www.medscape.org/viewarticle/834038_4

 

Informasi ini disediakan serta dirangkum oleh:

logo-medicall-partner

Redaksi Info Kesehatan MEDI-CALL

PT Medika Nusantara Gumilang

MEDI-CALL membuka pendaftaran untuk Dokter, Perawat, Bidan, Klinik, Apotek, dan Laboratorium, sebagai partner penyedia layanan on-demand/home visit dan homecare.

Untuk pendaftaran menjadi MEDI-CALL Partner silahkan mengunjungi website: http://partner.medi-call.id atau klik di sini

Free biaya pendaftaran, langsung Online!

Mari bergabung menjadi pahlawan kesehatan untuk Indonesia yang lebih sehat, dan tenaga medis sejahtera.

No Comments

Post A Comment