Manfaat Q-Dec Bagi Penderita Kanker Yang Menjalani Kemoterapi

Manfaat Q-Dec Bagi Penderita Kanker Yang Menjalani Kemoterapi

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang menjadi topik hangat dunia kesehatan dewasa ini. Mahalnya pengobatan dan rendahnya angka kesembuhan menjadi penyebab tingginya angka kecemasan dan depresi pada penderita kanker. Baru-baru ini, disusunlah Q-DEC (Quality-Departure Encounter Checklist) sebagai suatu formulir yang bertujuan untuk meninjau informasi dan pemahaman para penderita kanker mengenai penyakitnya dan efek samping kemoterapi.

Sejauh mana Anda memahami peran dan manfaat Q-DEC bagi para penderita kanker yang menjalani kemoterapi? Simak informasinya berikut ini.

 

Penderita Kanker Dan Kemoterapi

Sebelum menjalani suatu terapi, seorang pasien wajib diberitahu mengenai tujuan, manfaat dan efek samping dari terpi tersebut. Hal yang sama juga berlaku bagi para penderita kenker. Pasien penderita kanker perlu mengetahui tujuan, manfaat dan efek samping apa saja yang mungkin timbul selama menjalani kemoterapi. Tidak hanya dokter, tenaga kesehatan lainnya seperti perawat juga berkewajiban untuk menjelaskan mengenai apa saja efek samping yang timbul selama masa perawatan dan bagaimana cara pasien menanggulanginya.

 

Manfaat Dukungan Informasi Bagi Penderita Kanker

Para penderita kanker membutuhkan informasi yang menyeluruh mengenai kebutuhan personal dan situasional dalam menjalani kemoterapi dan menghadapi penyakitnya. Maka dari itu, dukungan berupa pemberian informasi yang tepat dan lugas sangat dibutuhkan untuk meningkatkan angka kelangsungan hidup pasien. Informasi yang tidak memadai diduga menjadi sebab tingginya tingkat kecemasan dan depresi pada pasien kanker, sementara pemberian informasi yang memadai dapat menurunkan tingkat kecemasan dan depresi, meningkatkan angka harapan hidup pasien dan tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan.

Sebuah penelitian dilakukan oleh “National Cancer Institute” untuk mengetahui apakah para perawat dan paramedis telah memberikan penjelasan yang memadai mengenai efek samping kemoterapi, hasil yang didapat dari berbagai institusi pelayanan kesehatan kemudian dibandingkan menggunakan Press Geney. Didapatkan hasil yang sangat bervariasi antar institusi pelayanan kesehatan. Hal ini memunculkan gagasan untuk membuat suatu standar untuk memastikan bahwa setiap pasien penderita kanker mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan mengenai efek samping kemoterapi yang mereka jalani.

 

Q-DEC Sebagai Standarisasi Kualitas Pelayanan Terhadap Pasien Kanker

Dalam rangka menanggapi gagasan tersebut, pada Agustus 2015 diperkenalkanlah Q-DEC (Quality-Departure Encounter Checklist). Daftar pertanyaan ini didesain untuk menyamaratakan kualitas pelayanan terhadap pasien kanker. Q-DEC sendiri memiliki konten sebagai berikut:

  • Engagement

Bagian awal dari interaksi dengan pasien. Bagian ini menilai kemampuan perawat untuk berinteraksi dengan pasien mengenai siapa dirinya dan memahami tujuan pasien melakukan kemoterapi.

  • Personalization

Saat dimana interaksi antara pasien dengan perawat menjadi terfokus ke arah empati dan menggiring pasien untuk menceritakan perasaan serta pengalaman yang pasien rasakan.

  • Review of Omission-Sensitive Elements

Berupa tinjauan untuk menilai seberapa jauh pengetahuan dan kemampuan diri pasien dalam mengenali dan memenuhi kebutuhannya. Peninjauan ini dilakukan untuk memperbaiki kemungkinan kelalaian yang dilakukan oleh perawat atau tenaga medis lainnya sebelum pasien menyelesaikan perawatan.

  • Patient-Centered Closure

Memastikan tidak terdapatnya kekhawatiran dan rasa takut dalam diri pasien yang belum dapat ia sampaikan dalam kesempatan-kesempatan sebelumnya.

 

Mengapa Q-DEC?

Tujuan disusunnya Q-DEC secara umum adalah untuk meningkatkan dukungan informasi terhadap pasien kanker dan diharapkan bahwa implementasi Q-DEC yang efektif dapat meningkatkan angka kelangsungan hidup pasien.

Medi-Call memiliki aplikasi yang dapat mempermudah Anda datang langsung ke lokasi pasien terdekat untuk melakukan anamnesa dan pemeriksaan yang dibutuhkan pasien. Medi-Call untuk akses yang jauh lebih mudah dan jauh lebih cepat.

 

Sumber:

http://www.medscape.com/viewarticle/872851_1

 

Informasi ini disediakan serta dirangkum oleh:

logo-medicall-partner

Redaksi Info Kesehatan MEDI-CALL

PT Medika Nusantara Gumilang

MEDI-CALL membuka pendaftaran untuk Dokter, Perawat, Bidan, Klinik, Apotek, dan Laboratorium, sebagai partner penyedia layanan on-demand/home visit dan homecare.

Untuk pendaftaran menjadi MEDI-CALL Partner silahkan mengunjungi website: http://partner.medi-call.id atau klik di sini

Free biaya pendaftaran, langsung Online!

Mari bergabung menjadi pahlawan kesehatan untuk Indonesia yang lebih sehat, dan tenaga medis sejahtera.

No Comments

Post A Comment