4 Hal Penting Tentang Vaksin Dengue Yang Perlu Anda Ketahui!

vaksin dengue

4 Hal Penting Tentang Vaksin Dengue Yang Perlu Anda Ketahui!

Share Artikel Ini

Tentu Anda sudah mendengar bahwa baru-baru ini berhasil ditemukan vaksin untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Vaksin ini berhasil ditemukan setelah dilakukan penelitian selama kurang lebih 20 tahun dengan melibatkan 15 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Semakin sering tersiarnya kabar mengenai vaksin dengue, maka akan semakin banyak pertanyaan yang akan ditujukan oleh pasien Anda mengenai vaksin ini. Sudah siapkah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut? Mari simak 4 hal penting yang perlu Anda ketahui tentang vaksin dengue.

 

SEKILAS MENGENAI VIRUS DENGUE

Virus dengue termasuk ke dalam famili Flaviviridae yang memiliki empat jenis serotipe yakni DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Virus ini ditularkan melalui perantara nyamuk Aedes aegypti dari manusia yang sakit ke manusia sehat, maka tidak mengherankan, apabila peningkatan angka penyakit dengue umumnya meningkat pada musim hujan karena lingkungan yang mendukung kelangsungan hidup virus dan vektor nyamuk. Virus dengue sendiri dapat menyebabkan berbagai penyakit dengue, seperti: Demam Dengue (DD), Demam Berdarah Dengue (DBD), dan Dengue Shock Syndrome (DSS). Diantara ketiga penyakit tersebut, DBD menjadi penyakit dengan prevalensi angka kejadian terbanyak di Indonesia. Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2016, jumlah penderita DBD di Indonesia mencapai 8.487 orang dengan angka kematian sebesar 108 orang. Pada tahun 2016, ada sekitar sebelas provinsi yang mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD di Indonesia.

 

INFORMASI PENTING MENGENAI VAKSIN DENGUE

Dikarenakan tingginya angka kejadian penyakit akibat penyakit dengue, maka penting untuk dilakukan pencegahan yang efektif. Baru-baru ini telah berhasil ditemukan vaksin dengue yang terbukti dapat mencegah terjadinya penyakit dengue. Berikut empat informasi penting mengenai vaksin dengue yang wajib Anda ketahui:

 

  1. INDIKASI

Vaksin dengue dapat diberikan kepada anak-anak maupun dewasa untuk membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dari serotipe 1,2,3 dan 4. Vaksin ini dapat diberikan pada anak-anak, remaja dan dewasa yang tinggal di wilayah endemic dengan rentang umur 9-45 tahun.

 

  1. KONTRAINDIKASI

Tidak disarankan untuk memberikan vaksin dengue kepada individu yang memiliki reaksi alergi terhadap bahan aktif yang terdapat dalam vaksin (keterangan pada label vaksin), maupun reaksi alergi terhadap pemberian vaksin dengue sebelumnya. Tanda reaksi alergi yang dapat muncul berupa rasa gatal, kemerahan pada kulit, sesak napas dan pembengkakan area lidah dan wajah. Pemberian vaksin juga tidak disarankan kepada pasien dengan kondisi demam tinggi atau penyakit infeksi akut, pemberian vaksin dapat dilanjutkan setelah pasien sembuh. Vaksin juga sebaiknya tidak diberikan kepada pasien dengan defisiensi sistem imun ; Infeksi HIV, Kemoterapi, dan Konsumsi Kortikosteroid, hamil, dan menyusui. Pemberian vaksin pada wanita usia subur harus diinformasikan untuk mencegah kehamilan sampai 1 bulan setelah pemberian vaksin.

 

  1. EFEK SAMPING

Meskipun jarang terjadi, pemberian vaksin dengue dapat menimbulkan berbagai efek samping. Salah satu efek samping yang berbahaya adalah reaksi alergi berat yang dapat menimbulkan kesulitan bernapas, kebiruan pada mukosa dan lidah, kemerahan pada kulit, pembengkakan pada wajah dan tenggorokan, hipotensi dan hilang kesadaran. Reaksi alergi ini terjadi pada 1 : 10.000 orang.

Efek samping yang umum (lebih dari 1 dari 10 orang) didapatkan setelah pemberian vaksin dengue antara lain; sakit kepala, nyeri otot, demam, kelemahan dan rasa sakit pada area injeksi. Efek samping lainnya yang lebih jarang terjadi (1 dari 10 orang) antara lain; rasa gatal, kemerahan dan pembengkakan di area kulit.

 

  1. CARA KERJA VAKSIN

Vaksin dengue mengandung virus dengue serotipe 1,2,3 dan 4 yang sudah dilemahkan. Vaksin ini bekerja dengan cara menstimulasi sistem imun alamiah tubuh, sehingga tubuh dapat memproduksi sejumlah antibodi untuk melawan virus penyebab penyakit dengue. Antibodi ini akan mencegah replikasi dan perkembangan virus sehingga mencegah terjadinya penyakit.

Apabila Anda bergabung dengan Medi-Call sebagai partner, Anda akan memperoleh kemudahan dalam melayani masyarakat di sekitar Anda, salah satunya untuk melakukan upaya pencegahan penyakit dengue. Medi-Call melayani pemesanan vaksin dengue melalui aplikasi “Vaccine” secara tepat dan terpercaya. Aplikasi Medi-Call pilihan tepat untuk akses yang jauh lebih mudah dan lebih cepat.

 

Sumber:

http://www.depkes.go.id/article/print/16030700001/wilayah-klb-dbd-ada-di-11-provinsi.html

http://www.mims.com/philippines/drug/info/dengvaxia?type=full

http://www.who.int/immunization/research/development/dengue_vaccines/en/

 

Informasi ini disediakan serta dirangkum oleh:

logo-medicall-partner

Redaksi Info Kesehatan MEDI-CALL

PT Medika Nusantara Gumilang

MEDI-CALL membuka pendaftaran untuk Dokter, Perawat, Bidan, Klinik, Apotek, dan Laboratorium, sebagai partner penyedia layanan on-demand/home visit dan homecare.

Untuk pendaftaran menjadi MEDI-CALL Partner silahkan mengunjungi website: http://partner.medi-call.id atau klik di sini

Free biaya pendaftaran, langsung Online!

Mari bergabung menjadi pahlawan kesehatan untuk Indonesia yang lebih sehat, dan tenaga medis sejahtera.

Share Artikel Ini
No Comments

Post A Comment